HARDWARE INTTERNET

1. Modem (Modulator Demodulator)
Modem merupakan perangkat yang saat ini paling banyak digunakan untuk melakukan koneksi ke internet, khususnya melalui saluran telepon. Modem digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya.
Terdapat 2 jenis modem, yaitu modem internal dan modem ekternal.
a. Modem internal: merupakan modem yang tergabung pada bagian komputer.
Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot pada CPU. Keuntungan modem internal :
- Lebih hemat tempat
- Harga lebih murah dibanding dengan modem eksternal
- Tidak menggunakan adaptor, sehingga sistem terkesan lebih rapi
Kelemahan modem internal :
- Tidak adanya indikator, sehingga agak sulit memantau status modem
- Modem internal mengambil sumber dari power supply, sehingga panas dari komponen-komponen modem akan menambah suhu dalam CPU.


b. Modem Eksternal adalah Modem yang terpisah dari perangkat komputer, untuk menggunakannya modem harus dihubungkan dengan kabel ke komputer. Salah satu keuntungan modem ekternal adalah mudah dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain karena terpisah dari komputer.
2. NIC
NIC (Network Interface Card) biasa juga disebut Lancard atau cardlan adalah perangkat yang nantinya menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Perangkat ini mempunyai MAC ( Media Access Control ) atau card address yang terdiri dari 12 bit angka dimana tiap card akan unik (beda) dengan card yang lainnya.
Untuk mulai menggunakan internet minimal kita membutuhkan satu buah komputer, modem dan line telepon. Kita juga harus mendaftarkan diri ke Internet Service Provider (ISP) untuk mendapatkan software dan akses ke internet

3. Router
bekerja dengan cara yang mirip dengan switch. untuk mudah diingat, Anda menggunakan router ketika akan menghubungkan jaringan komputer ke jaringan lain. Jaringan ini bisa berupa jaringan pribadi (LAN/WAN) atau jaringan publik (Internet).

4.Hardware Access Point
Perangkatdibawahiniadalahperangkat standard yang digunakanuntuk access point. Access Point dapatberupaperangkat access point sajaataudengan dual fungsisebagai internal router. Bahkanpada model terbarusudahditambahkanteknologi Super G dengankemampuan double transmisi, smart DHCP bagi client network dan hardware standard monitor serta Firewall dansebagainya.

Alat Access point dapatdipasangkanpadasebuah hub, cable modem ataualatlainnyauntukmenghubungkan computer dengan WIFI kedalamsebuah network lain.
5.USB Wireless Adaptor
Termasukperangkatbarudanpraktispadateknologi WIFI. Alatinimengambil power 5V dari USB port. Untukkemudahan USB WIFI adapter denganfleksibelditempatkanbagi notebook dan PC. Tetapipadaperangkat USB WIFI Adapter memilikibatasan. Sebaiknyamengunakan USB port 2.0 karenakemampuansistem WIFI mampumencapai data rate 54Mbps. Bilaandamemerlukankepraktisan, penambahanperangkat Wireless USB adaptor adalahpilihan yang tepat, karenabentuknya yang praktisdandapatdilepas. Tetapiperludiingatkanbahwadengan supply power kecildari USB port alatjugamemilkijangkauanlebihrendah, selainbentuk antenna yang ditanamdidalam cover plastikakanmenghambatdayapancardanpenerimaanpadajenisperangatini.

6.AntenaWiFi

Fungsiutamaantena wireless adalahmemperluas area coverage, bukanuntukmemperkuatsinyal, fungsipenguatsinyaladalahpada radio atauaccess point, jadiantenawifihanyamempunyaikekuatanpenguatpasif, kekuatanantenaadalahpadapemfokusangelombang radio, dansemakinbesardBidari antenna makasemakinluasataujauh area coverage yang bisadijangkau.
Umumnyakualitasdariantenadilihatdarikualitasdaribahanpembuatnya, semakinbaguskualitaselemen yang ada di dalam antenna, makasemakinjauh pula jangkauannyadankononbahkanbisamereduksidari noise atauinterferensi yang timbul di sekitarnya. Makanyaumumnyasemakinmahalhargaantena wireless semakinjauh pula jangkauannya.
Ada berbagai type dariantenawifi, adaantena grid yang biasanyadigunakanuntuk mode station ataukeperluankoneksi point to point, kemudianantena Omni yang biasanyadigunakansebagaiantena transmitter atau hotspot, dansebenarnyamasihbanyaklagidari type antena, adasectoral waveguide, sectoral array, panel, kentongan, wajanbolicdan lain-lain. Semua type antena yang andapilihtergantungdarikebutuhannya.
Meskisebenarnyakalaukitamembeliaksespoinumumnyasudahdilengkapidenganantenabawaanataudefaultnya, tapikebutuhan yang mendorongkitauntukmelengkapinyadenganantenaeksternal

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment

iklan

Blogger Themes

Baca Manga Komik Naruto, One Piece, Bleach Indonesia